Rusdi Pati

ALumnus IKIP Negeri Semarang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan saat ini mengajar di SMP Negeri 1 Jaken sejak 1 Juli 2003. Menulis buku: 1. WRITERPRENEUR ME...

Selengkapnya
AYO NULIS BUKU

AYO NULIS BUKU

Allah telah memberikan rahmat dan hidayah kepada penulis untuk menuangkan ide-ide tentang penulisan, dalam buku yang berjudul WRITERPRENEUR MENULIS DAN
MENERBITKAN BUKU. Buku adalah jendela dunia. Di mana buku sebagai awal terbukanya mata menuju masa depan. Dengan buku kita dapat belajar berbagai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Bahkan buku tidak pernah marah pada pemikir dan penikmatnya yaitu pembaca. Bahkan ada yang mengatakan, buku adalah guru yang tidak pernah mengeluh lelah dan merasa tersinggung atau marah.

Buku dengan arti pentingnya sangat diperlukan masyarakat. Orang-orang memerlukan buku untuk dinikmati terutama buku-buku cerita baik berupa cerita anak-anak, dongeng, legenda dan juga novel. Namun, untuk bisa menikmati buku, diperlukan beberapa elemen dalam penciptaan sebuah buku. Elemen-elemen itu meliputi pengarang/ penulis sebagai penyedia naskah, illustrator, editor, penerbit, pencetak dan pedagang. Di dalam tulisan ini, penulis/ pengarang bukulah yang diutamakan.

Penulis buku atau pengarang tidaklah mudah untuk diciptakan. Sebuah buku bisa dihasilkan dengan proses yang rumit. Industri buku yang sudah maju saat ini, sangatlah memerlukan berbagai naskah buku. Naskah yang banyak dan bermutu dibutuhkan penulis buku/ pengarang yang banyak pula. Penulis buku inilah tulang punggung dihasilkannya sebuah buku. Namun, penulis buku di Indonesia tidaklah sebanyak negara tetangga tanpa mengecilkan beberapa penulis yang berhasil menerbitkan bukunya apalagi sebagai bestseller.

Buku ini membahas berbagai permasalahan penulisan buku. Misalnya saja hak cipta, pengusulan penerbitan buku, struktur buku, perjanjian penerbitan, sistem pembelian naskah dan lain-lain. Banyak penulis pemula yang bingung cara menulis buku dan hakhaknya sebagai penulis buku. Namun, penulisan buku tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak kendala yang dihadapi terutama jika naskahnya ditolak penerbit. Bagaimana berhubungan dengan editor penerbit? Bagaimana menghadapi naskah yang ditolak? Apakah harus putus asa dan berhenti menulis lagi? Semua itu adalah tantangan dan hambatan dalam proses menjadi penulis buku. Itu semua akan dibahas dalam buku ini walau mungkin masih singkat saja. Ditambahkan di sini alamat penerbit buku di Indonesia, glosarium istilah perbukuan dan contoh surat perjanjian penerbitan.

Buku ini lahir dari keprihatinan dan keinginan penulis untuk berbagi sedikit pengetahuan tentang penulisan buku agar tidak mengalami kenyataan-kenyataan pahit seperti halnya penolakan naskah berkali-kali. Penulis juga berkeinginan menulis buku-buku umum dan pendidikan. Keinginan berbagi itulah, penulis berusaha menyelesaikan naskah buku yang mungkin berguna bagi peminat buku dan siapa saja yang ingin menjadi penulis buku.

Semoga karya ini bermanfaat bagi penulis dan siapa saja yang ingin menjadi penulis buku dan menerbitkannya. Jika ingin memperoleh buku tersebut bisa mengirimkan wesel sebesar Rp.65 ribu ke Rusdi, Jalan Nusa Indah No. 40 Kel. Magersari Kab. Rembang 59214 dan buku akan segera dikirim ke alamat saudara.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali