Rusdi Pati

ALumnus IKIP Negeri Semarang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan saat ini mengajar di SMP Negeri 1 Jaken sejak 1 Juli 2003. Menulis buku: 1. WRITERPRENEUR ME...

Selengkapnya
MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU (8)

MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU (8)

Nomor ISBN (International Standard Book Number) adalah deretan angka 13 digit sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit. Setiap nomor memberikan identifikasi unik untuk setiap terbitan dari setiap penerbit, memungkinkan pemasaran produk yang lebih efisien bagi toko buku, perpustakaan, universitas maupun distributor.

Untuk Indonesia, ISBN (International Standar Book Number) dapat diurus langsung oleh sebuah badan penerbitan yang telah memiliki akta pendirian dari notaris dan berbadan hukum tetap melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Salemba, Jakarta. Khusus untuk wilayah Jakarta harus datang langsung ke Perpusnas, sedangkan mereka yang berada di luar Jakarta, justru lebih mudah karena dapat mengirimkan faksimil saja. Alamat Perpustakaan Nasional adalah Jl. Salemba Raya 28A Jakarta 10430 Kotak Pos 3624 Jakarta 10002 Telp. 021-3922669, 3922749, 3922855, 3923116, 3923867. www.pnri.go.id

Bagian pengurusan ISBN bertempat di gedung A, yaitu bangunan pertama yang berada di sebelah kanan lapangan parkir Perpusnas, lalu naik ke lantai dua. Sebelumnya, pengunjung, harus meninggalkan KTP dulu di bagian satpam yang berjaga di dekat lift, kemudian akan diberikan name tag dengan tulisan "Tamu ISBN". Sesampainya di lantai 2, tinggal mencari bagian pengurusan ISBN. Ada 6 petugas di sana dan beberapa komputer.

Keterangan syarat-syarat pengurusan ISBN sebagai berikut:
A. Bagi anggota baru

1. Mengisi formulir surat pernyataan disertai dengan stempel penerbit dengan menunjukkan bukti legalitas penerbit atau lembaga yang bertanggung jawab (akta notaris).

2. Membuat surat permohonan atas nama penerbit (berstempel) untuk buku yang akan diterbitkan kepada penerbit ISBN dengan alamat Perpustakaan Nasional dengan menyebutkan judul dan nama penerbit buku tersebut. Surat tersebut ditandatangani oleh pejabat yang berwenang di penerbitan sebagai penanggung jawab/ penerbit utama yang menerbitan buku tersebut.

3. Surat permohonan itu dilengkapi dengan beberapa lampiran mengenai buku yang akan dibuatkan ISBN-nya berupa fotokopi dari:
a. Halaman muka/ sampul (cover).
b. Halaman 1/2 judul
c. Halaman Judul
d. Halaman colofoon, yang memuat otoritas/ copyright/ hak cipta tentang buku yang bersangkutan.
e. Daftar Isi
f. Halaman Kata Pengantar
g. Halaman Isi (kalau ada)
h. Keterangan lain kalau ada seperti: halaman indeks, dua bahasa, foto, layout dalam, dan sebagainya.

4. Bila ada kerjasama antara 2 penerbit, maka harus dipastikan siapa penerbit utama dan pihak lain yang diajak bekerjasama. Penerbit utama kemudian mengajukan surat permohonan kepada Penerbit ISBN.

5. Posisi logo kedua penerbit itu lazimnya dicantumkan di sampul/ halaman muka (cover) dan halaman judul. Informasi tentang nama penerbit utama akan menjadi dasar bagi Penerbit ISBN dalam kaitannya dengan administrasi pembuatan ISBN/ Barcode dan KDT.

B. Bagi anggota lama
Hanya butir 2 dan 3 saja yang perlu dikirimkan kepada Tim ISBN/KDT. Setelah buku diterbitkan, dimohon kesediaan penerbit untuk mengirimkan 2 (dua) eksemplar dari hasil terbitan tersebut.

Waktu untuk pengurusan hanya10 menit saja, ISBN dan Kartu Anggota ISBN/KDT sudah jadi.Tanpa dipungut biaya apapun. GRATIS. Seringkali karena ketidaktahuan akan prosedur dan pembuatan ISBN/ Barcode dan KDT, pemohon nomor ISBN tidak melengkapi informasi mengenai bukunya sendiri sehingga menghambat proses pembuatan ISBN.

Pabila orang bertindak bijaksana, tidak seorang pun yang melihatnya, tapi pabila orang berlaku tidak bijaksana maka semua orang akan mengetahuinya (dalam Seno Subro, 1997: 55).

If you never scared, embarrassed or hurt, it means you never take chances. Jika anda tidak pernah takut, malu atau terluka, itu berarti anda tidak pernah mengambil kesempatan-kesempatan. Julia Soul

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Trim infonya

07 Apr
Balas

terima kasih. salam literasi. Mau nerbitkan buku bisa dikirim ke penerbit nikrusmedia@gmail.com. sukses selalau.

16 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali